24 September 2011

Bagai Habis Gelap Terbitlah Terang

Habis Gelap Terbitlah Terang, mungkin itulah kalimat yang pas terhadap blog roomantik ini. Ini bukanlah cerita yang dikisahkan kumpulan surat-surat dalam buku R.A Kartini. Tetapi melukiskan tentang suatu pengalaman pertama kali ketika secuil dari pemahamanku tentang website diadu dengan para master blog guru se Jawa Tengah.

template blog roomantik
Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, banyak hikmah yang dapat kita ambil didalamnya. Dari kegagalan tersebut dapat diketahui kekurangan yang ada pada diri kita. Koreksi di sana-sini perlu dilakukan demi perbaikan bila ingin sukses di masa mendatang. Meski tenaga dan fikiran tercurah demi meraih suatu kemenangan, namun hal wajib yang harus kita sadari adalah bahwa ada sang penentu yang akan memvonis seseorang untuk menjadi pemenang.

Mungkin bagi saya modal nekat adalah senjata pamungkas dalam menghadapi suatu persaingan. Sehingga hal sepele dapat saja menjadi sebuah titik lemah dan tolok ukur hingga sampai pada kegagalan.

Apa sih yang menjadi penyebab hingga roomantik terdepak dari singgasana juara? Sekelumit kilas balik dalam kompetisi website blog guru dan sekolah ini sengaja saya tulis dalam blog ini sebagai catatan buruk dengan harapan semoga hal ini tidak terulang kembali.

Saya masih teringat ketika dewan juri mempertanyakan tentang theme atau template yang digunakan blog roomantik. Mereka menanyakan kenapa anda memilih warna hitam? Pertanyaan ini meskipun sepele ternyata mengandung muatan pembelajaran yang sangat luhur. Bila anda teringat syair sebuah lagu dangdut “Hitam… orangnya hitam… tetapi putih hatinya” pasti anda beranggapan bahwa tidak perlu mempermasalahkan warna hitam. Masih lebih baik dari luar hitam namun putih isinya, sebuah perumpamaan dari hakikat suatu kebaikan.

Lain halnya dengan theme dalam sebuah web, menurut survey kebanyakan background hitam banyak digunakan oleh situs-situs nakal, situs terlarang atau situs dewasa. Warna hitam lebih identik dengan sesuatu yang berbau jahat. Istilah digugu dan ditiru akan selalu melekat dalam diri seorang guru, sehingga apapun yang dikerjakan oleh guru selalu mendapat perhatian dari seluruh murid-muridnya. Termasuk segala sesuatu yang dimiliki oleh guru tidak luput dari sorot mata siswa. Sehingga menurut penilaan juri, theme hitam tidak cocok untuk web blog guru atau sekolah.

Apapun alasannya tidak dapat diterima oleh team penilai. Meskipun blog tersebut memiliki kontent yang baik dan bermuatan pendidikan, tetap saja dapat menjadi batu sandungan dalam penjurian apabila memakai dominasi warna hitam. Dan ini terbukti pada lomba blog guru, roomantik tidak masuk posisi 10 besar. Dengan hasil ini saya harus puas dengan peringkat sebelas.

Pengalaman pahit ini akan selalu kuingat sampai kapanpun. Mulai detik ini saya mulai sadar dan bertekad akan memperbaiki kesalahan tersebut dengan mengganti template blog roomantik. Biarlah si hitam manis yang telah saya bangun dengan susah payah harus berakhir dengan rasa getir. Selamat tinggal template lama.

Habis gelap terbitlah terang. Kini saatnya aku mulai bangkit, membangun kembali template untuk blog tercinta ini. Sebuah template dengan warna cerah, putih hanya beberapa lokasi saja yang dipoles dengan warna hitam dan abu-abu. Bila kemarin pengunjung roomantik seolah-olah berada dalam dunia malam, sekarang saatnya menyambut cahaya mentari yang terang benderang.

Sedikit gambaran tentang template baru ini, yaitu masih mengambil template blogger tetapi ada sedikit modifikasi CSS dan HTML untuk mempercantik tampilan roomantik. Di atas header terpasang resize font. Fasilitas ini akan memudahkan bagi siapa saja termasuk pengunjung yang sudah bermata empat, karena dengan mengklik tombol bigger-reset-small, secara otomatis text pada halaman posting akan berubah menjadi besar atau kecil. Navigasi dan kotak pencarian dibuat unik sangat berbeda dengan yang lain dan belum ada yang punya.

Dalam posisi home page atau beranda, roomantik tampil dalam tiga kolom. Namun setelah masuk pada halaman posting, blog hanya memiliki dua kolom. Ini sangat bagus, halaman posting lebih leluasa tidak sesak dipenuhi oleh berbagai macam gadget sidebar yang tidak perlu. Manfaat dari penggunaan metode ini adalah proses loading menjadi lebih cepat. Halaman yang luas juga memungkinkan kita dapat dengan leluasa memasang gambar atau tabel yang berukuran besar untuk ditampilkan dalam posting artikel.

Ditambah lagi penampilan blockquote serta comment place yang unik akan menambah tampilan blog roomantik semakin elegant. Simple and elegant, mungkin itu kalimat yang pas untuk blog roomantik sekarang ini.
Harapan saya dengan pergantian theme ini akan dapat merubah image roomantik yang sebelumnya bagai blog nakal menjadi blog yang baik, elegant serta mendidik… Amiin.

6 komentar:

  1. Yang terang emang lebih enak dilihat dan dipandang pak, semoga sukses kedepannya.. amin.

    BalasHapus
  2. Makin kereeenn.... Lebih enak di mata Pak... Sip-sip.. maju terus Pak Alip.

    BalasHapus
  3. tetap semangat! dan lanjutkan. elegant, mirip themenya o-om, hihi... apa logonya ya....

    BalasHapus
  4. @sukasains, @Ainimalia, makashi atas dukungannya.
    @Mr.Mung, iya nih o-om mania... he3x

    BalasHapus
  5. Jadi makin romantis :)

    BalasHapus
  6. mantab... elegan ya pak. lanjut.. :D

    BalasHapus