3 Oktober 2011

USB Modem Smartfren AC682 Selain Murah juga Cepat

Modem adalah bagian yang tidak terpisahkan dari koneksi internet. Mempunyai sambungan internet cepat serta murah tentu menjadi dambaan setiap orang. Berbagai merek dan jenis model ditawarkan, semuanya dapat dengan mudah didapat. Masing-masing modem memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Sehingga sebagai konsumen diperlukan kecermatan dalam memilih modem yang pas.

modem USB Smartfren AC682 tercepat dan murah
Zaman sudah berubah, kalau dulu orang mengakses internet hanya dengan melalui saluran telpon kabel saja. User tidak bisa jauh dari saluran telephone, karena saat itu modem yang beredar di pasaran hanya modem yang hanya bisa dihubungkan lewat telpon saja. Kini teknologi berkembang seiring tuntutan kebutuhan manusia akan informasi cepat. Selain itu faktor praktis dan simpel juga menjadi suatu keharusan produsen modem dalam melengkapi kebutuhan masyarakat. Sehingga USB modem menjadi pilihan banyak orang karena alasan tadi.

Kelebihan dan kekurangan dalam produk teknologi adalah hal yang lumrah, bagaimanapun di dunia ini tidak ada yang sempurna. Seperti USB modem juga begitu, ada yang koneksinya cepat namun murah, tetapi cepat pula panasnya. Logikanya sesuatu yang mahal memiliki prosentase kesempurnaan lebih tinggi dibandingkan dengan yang murah.

Kalau berpegang pada prinsip ekonomi pasti akan memilih modem yang koneksinya cepat dengan harga yang semurah mungkin. Walau demikian kekurangan atau kelemahan pun wajib kita ketahui untuk dicarikan solusinya.

Berbicara tentang modem yang murah tapi cepat, ada pengalaman pribadi yang ingin saya bagikan kepada anda. Dari survey dan experiment yang pernah saya lakukan, ternyata ada modem USB yang murah tetapi kecepatan koneksi tidak diragukan lagi. Nama modem tersbut adalah Smartfren AC682. Modem yang gencar dipromosikan di televisi akhir-akhir ini menjadi primadona para pemburu internet conection, dan untuk mendapatkannya tidaklah sulit. Harga yang dipatok adalah Rp. 199 ribu di galery smart.

spesifikasi dari Modem Smartfren AC682.
  1. CDMA 2000 1x EVDO Rev. A 800/1900 Mhz
  2. Download up to 3.1 Mbps dan Upload up to 1.8 Mbps
  3. RUIM Enable
  4. Slot for MicroSD Card
  5. Plug and play
  6. Support Windows 7, WIndows Xp, Windows Vista, Mac OS X 10.5 Leopard and above
  7. SMS and Voice capable via GUI

Kehebatannya tidak perlu diragukan lagi. Super cepat dan super murah, begitu julukan yang pas buat modem Smartfren AC682.

Kelemahan USB modem Smartfren AC682 yaitu cepat panas. Terlebih jika anda membuka video dan mendownload akan cepat panas. Kelemahan sudah diketahui, kini tugas kita adalah bagaimana agar USB modem Smartfren AC682 tidak cepat panas.

Satu tips ringan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan jalan memodifikasi USB modem Smartfren AC682 sedemikian rupa agar panas dapat diminimalisir. Bila anda menggunakan Laptop, usahakan modem jangan tertancap langsung pada lubang USB, beri kabel sambungan kira-kira lima puluh centimeter. Tujuannya agar panas yang dihasilkan tidak mengalir ke Laptop, ini untuk mengurangi suhu laptop dari panas yang tinggi.

Membuka penutup kartu juga salah satu upaya untuk mengurangi panas modem. Dengan tutup yang terbuka, komponen di dalam modem akan diterpa udara dari luar. Panas juga bisa diatasi dengan jalan menempatkan modem di depan kipas, cari kipas yang berukuran kecil agar tidak memakan tempat dan mengganggu pemandangan. Dapat juga modem ditempelkan ke pendingin yang terbuat dari aluminium bersayap lalu dihadapkan di depan kipas kecil.

Cara ini adalah salah satu solusi untuk menjaga agar USB modem Smartfren AC682 tetap dalam kondisi wajar. Panas tetap ada namun masih dalam batas kewajaran.

9 komentar:

  1. tetapi modemnya bisa rusak tidak dengan panasnya itu?terus apakah akan mengganggu/efek kepada komputer yang kita gunakan?

    BalasHapus
  2. Kalau panasnya terlalu tinggi modem bisa rusak, gejalanya ditandai dengan sering no-connect. maka dari itu jaga kondisi agar suhu modem tetap dingin.

    BalasHapus
  3. saya ingin cari modem yang cepat harga murah, SDMA/GSM yang penting lancar sinyalnya...ada gak???

    BalasHapus
  4. @starziiq1, rata-rata modem USB itu tergantung pada geografis dimana terdapat jangkauan sinyal. intinya bila tempat tersebut sinyal full bisa dipastikan koneksi internet lancar. contohnya smartfren di tempatku full sinyal sehingga cepat dan lancar. demikian semoga dapat pencerahan.

    BalasHapus
  5. saya pakai sambungan usb kok gak bisa ya... koneknya terbaca sama program tapi progrmanya searching terus gak dapet sinyal kelihatannya...

    BalasHapus
  6. ada beberapa kemungkinan sehingga gagal konek, diantaranya:
    1. kabel usb ada yang putus sehingga aliran data ke pc tidak sempurna,
    2. pemasangan simcard tidak pas,
    3. dan yang terakhir adalah karena tidak ada sinyal.

    BalasHapus
  7. modem smartfren ac682 ku sering dc sendiri nih... selang waktu 3-15 menit jadi jengkel nih... ini udah tanda2 rusak kan??

    BalasHapus
  8. @lav , bisa jadi Gan...

    BalasHapus
  9. produk gagal menurud gw nie gan...
    wlaupun dibuka tutup card nya tetep aje..
    saran gw,masukin aer trs ganti baru hehhehehe

    BalasHapus