2 Februari 2012

Cara membuat Permalink berbentuk Page Information

Tidak seperti biasanya blog roomantik ini memberikan materi TIK, entah kenapa tiba-tiba dalam fikiran saya terlintas keinginan untuk memposting tutorial Blog. Mudah-mudahan tidak melenceng terlalu jauh dari tujuan semula karena memang di sekolah diajarkan cara membuat blog. Jadi sekali kita tahu sedikit blog tidak ada salahnya untuk kemudian mengoptimalkannya. Mungkin karena saya baru tahu sedikit cara mengoptimalkan blog yaitu dalam segi SEO (Serp Engine Optimization), dan berhasil memasang Permalink di blogspot, sehingga keberhasilan ini saya tularkan kepada anda semua.

Menurut beberapa sumber yang pernah kudapat dari para master blog, Permalink merupakan sebagian kecil dari seni SEO. Seni SEO diperlukan untuk mendongkrak posisi blog kita di mata mesin pencari, sehingga ketika ada yang mengetikkan kata kunci di browser, kalau itu mengenai kata kunci milik kita maka kemungkinan mendapat tempat teratas di hasil pencarian tidak terelakkan.

Permalink adalah permanent link, artinya link yang terbentuk setelah diterbitkan di internet dan langsung terrekam di serp google dan sifatnya baku, permanen dan tidak bisa diganti lagi. Karena sifatnya yang permanen maka harus berhati-hati ketika hendak menerbitkan posting blog. Jika salah mengetikkan huruf maka permalink yang terbentuk juga menampilkan kata yang salah.

Sebagai contoh jika kita mau membuat artikel dengan judul Cara membuat Permalink berbentuk Page Information, dan kita salah mengetikkannya misalnya Cara membut Permlink berbentuk Pae Information, maka yang terekam di mesin pencari menjadi Cara membut Permlink berbentuk Pae Information. Tentu hal tersebut di atas sangat merugikan bagi pemilik blog, maka berhati-hatilah, teliti sekali lagi hasil pekerjaan kita sebelum diterbitkan dan menjadi permalik.

Dalam SEO Blogspot permalink dapat diciptakan dengan banyak variasi, salah satunya adalah permalink yang berbentuk Page Information. Permalink yang berbentuk Page Information wujudnya seperti pada gambar di bawah ini:

permalink-berbentuk-page-information

Pemasangan page Information di bawah postingan mempunyai fungsi ganda,
  1. Memberikan informasi bagi pembaca mengenai sumber berita yang sedang dibacanya
  2. Sebagai penguat SEO
Baiklah setelah kita tau gambaran sedikit tentang permalink yang berbentuk Page Information ini selanjutnya bagaimana cara pembuatan serta pemasangannya pada template blogspot.
Langkah-langkah memasang Permalink untuk blogspot:
  1. Login ke akun blogger
  2. Klik Design
  3. Lalu klik edit HTML
  4. Amankan template dengan mengklik Download Full Template
  5. Klik / beri tanda centang kotak kecil bertuliskan Expand Template Widget
  6. Cari kode <data:post.body/> (apabila ada lebih dari satu kode itu, cari yang terakhir)
  7. Copy paste kode berikut ini di bawahnya
  8. <div class='permalinkpageinfo'> <p><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><p align='left'><font color='blue'><b>Page Information</b></font></p><p align='left'><b>Title:</b> <a expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='post permalink'><data:post.title/></a></p><p align='left'><b>URL:</b> <data:post.url/></p></b:if></p> </div>
  9. Cari lagi kode ]]></b:skin>
  10. Copy paste kode berikut ini di atasnya
  11. .permalinkpageinfo{padding:2px 4px;font:11px Arial,Verdana},.permalinkpageinfo img{border:none;vertical-align:middle;margin:2px}
  12. Kemudian klik save
Permalink ini akan secara otomatis muncul setiap kali kita membuat posting, jadi kita hanya memasangnya satu kali saja, selanjutnya akan bekerja dengan sendirinya.
Selamat beraktifitas.

Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar