26 Agustus 2011

Blog yang baik versi roomantik

jempol terbaik
Untuk memberikan penilaian terhadap sesuatu memang relatif karena pendapat masing-masing orang berbeda. Baik menurut saya belum tentu baik bagi anda. Pernyataan tersebut akan berlaku selama belum ada kriteria yang dijadikan patokan untuk mengukur nilai suatu kebaikan. Kriteria akan menjadi sumber dari segala sumber hukum bagi para penilai apabila telah melalui kesepakatan bersama antara team penilai dengan peserta yang dinilai.

Akan tetapi ada satu hal yang perlu diingat bahwa dalam kenyataannya sering kita jumpai pernyataan yang berbunyi "Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat". Dalam kasus tersebut, keabsolutan team penilai sangat diperlukan dengan tujuan untuk menyelesaikan perbedaan yang ada. Karena memang mereka mempunyai kekuasaan penuh untuk melaksanakan tanggungjawab yang dibebankan kepadanya.

Setiap orang berhak memberikan penilaian terhadap apa yang telah dilihatnya. Termasuk saya sendiri tidak ada larangan untuk menilai blog-blog yang telah saya kunjungi dan akhirnya dapat memutuskan blog tersebut baik atau jelek menurut kaca mata saya.

Blog yang baik menurut versi roomanTIK adalah blog yang memiliki kesesuaian dan keselarasan secara menyeluruh dari atas hingga bawah, dari kiri hingga kanan dan dari luar hingga dalam. Artinya sebuah blog ketika dipublikasikan harus bisa memuaskan pengunjung sehingga dapat memberikan kesan yang positif.
Secara detail, blog yang baik menurut versi roomanTIK adalah sebagai berikut :
  1. Judul blog, harus singkat dan mudah diingat serta mencerminkan isi dari keseluruhan kontent yang ada.
  2. Deskripsi, ini menjadi hal yang penting dan tidak boleh terlupakan karena dengan adanya deskripsi, pembaca akan lebih cepat menangkap apa yang ada di dalam isi blog tersebut. Sehingga diharapkan pengunjung dapat mengerti isi blog tanpa harus membaca satu persatu isi postingan karena sudah terwakili oleh adanya deskripsi blog.
  3. Judul artikel, seperti halnya judul pada umumnya harus berisi ide gagasan serta tema dari sebuah penulisan. Kalimat yang digunakan untuk judul sebaiknya singkat, mudah dipahami serta mampu mewakili informasi pokok yang hendak disampaikan. Kalau anda termasuk para blogger yang sudah mengerti banyak tentang SEO (Search Engine Optimatization) tentu dalam menentukan judul artikel tidak akan asal-asalan karena sangat berpengaruh mesin pencari.
  4. Navigasi, ibarat wisatawan yang sedang berkunjung ke suatu tempat tentu mereka akan kebingungan menentukan arah hendak kemana mereka pergi. Intinya, navigasi dalam sebuah blog berfungsi sebagai guide (pemandu) kepada pengunjung blog untuk menjelajah isi blog. Beragam navigasi ditawarkan di google dari yang horisontal maupun navigasi vertikal, bila anda kreatif tentu tidaklah sulit untuk mendapatkan tips pembuatan navigasi.
  5. Gadget , sidebar, dan footer termasuk elemen penyusun lengkapnya sebuah situs. Banyak pilihan gadget yang bisa dipasang ke dalam web, gunakan gadget yang sesuai dengan tema blog anda. Jangan terlalu banyak memasang gadget karena akan membebani loading blog.
  6. Aktivasi form komentar, manfaatkan fitur komentar semaksimal mungkin karena dengan adanya kotak komentar memberi peluang bagi pengunjung untuk memberikan apresiasi bagi blog anda. Dengan adanya komentar, pengunjung dapat berinteraksi dengan anda sehingga dengan begitu kita dapat mengetahui kelebihan serta kekurangan blog.
  7. Konsistensi Kontent blog, artinya pemilik blog harus konsisten dengan tujuan semula. Misalnya dalam blog masakan, maka informasi yang ditulis di dalam blog haruslah informasi seputar masakan, jangan sekali-kali memposting artikel tentang otomotif dan lain sebagainya.
  8. Unsur estetis, sembilan puluh persen media webblog disampaikan secara visual yang artinya sasaran utamanya adalah mata manusia. Dan saya yakin pasti anda menyukai keindahan yang telah anda tangkap melalui mata. Unsur seni termasuk desain harus mampu menyenangkan mata pengunjung. Masih ingat kata-kata indah tentang cinta…? "dari mata turun ke hati.."
  9. Kecepatan loading blog, Hal yang paling menjengkelkan adalah manakala kita disuruh menunggu. Celakanya lagi apabila yang ditunggu tidak datang jua. Kecepatan blog dapat mempengaruhi waktu penyampaian informasi, sehingga optimalisasi kecepatan loading harus segera dibenahi agar pengunjung blog nyaman dalam menikmati informasi yang ingin anda sampaikan melalui blog.
Nah itulah sembilan kriteria untuk menentukan blog yang baik menurut versi roomanTIK. Mungkin anda punya kriteria lain silahkan sharing dengan saya. Kriteria tersebut di atas merupakan hasil kesimpulan saya sendiri setelah setahun bergelut dengan blogger. Kini saatnya anda menilai blog roomanTIK apakah sudah sesuai dengan sembilan kriteria tadi. Bagi saya sembilan kriteria tadi masih menjadi harapan blog roomanTIK. Di kemudian hari segala upaya akan dilakukan demi mencapai harapan tersebut, sehingga blog roomanTIK dapat menjadi blog pelajaran TIK yang terbaik, …Semoga.

3 komentar:

  1. Menarik Pak.... :)
    kalo saya masih campur2.. belum bisa fokus... apa yang ada dipiran ya yang tertuang di blog... tapi tetep mengutamakan pendidikan nya. maaf lahir bathin pak alaif...

    BalasHapus
  2. @Ainimalia, asal tidak melenceng terlalu jauh saya kira sah-sah saja bu...
    maaf lahir batin juga

    BalasHapus
  3. bagaimana komentar pak alip untuk blog saya?

    BalasHapus